Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat merangsang fikiran dan keterampilan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Salah satu media pembelajarannya yaitu lingkungan, karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat, dan lain sebagainya.
Ada beberapa lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber pembelajaran yaitu lingkungan masyarakat atau lingkungan sosial yang mempelajari tentang interaksi antar kehidupan bermasyarakat seperti adat istiadat yang ada di masyarakat, sistem nilai, perubahan sosial dan lain sebagainya. Adapula lingkungan alam yang mempelajari tentang sumber daya alam, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Dan yang terakhir adalah lingkungan buatan meliputi bendungan, taman, irigasi dan lain sebagainya.
Salah satu contoh pelajaran yang dapat memanfaatan media dan sumber pembelajaran berbasis lingkungan masyarakat atau sosial adalah pelajaran sosiologi, karena dalam pembelajaran sosiologi terdapat materi-materi tentang kemasyarakatan yang meliputi interaksi sosial, perubahan sosial, gejala sosial, konflik sosial, norma sosial, kebudayaan, adat istiadat, yang terdapat disuatu masyarakat.
Proses kegiatan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan cara praktek lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertaya atau wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyararakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
Hasil yang di dapat dari kegiatan pembelajaran pemanfaatan llingkungan sosial ini adalah peserta didik mendapatkan pembelajaran yang berupa faktual, pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, peserta didik dapat menambah pengalaman dan teman baru, serta dapat membantu memecahkan masalah sosial yang terjadi didalam suatu masyarakat. Maka dari itu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sosial sebagai media dan sumber pelajaran sangatlah efektif untuk dilakukan dalam pelajaran sosiologi.
Nama : Wella Dwi Tarayunita
Tanggall pembuatan artikel : 10 Maret 2020
Wah.. Bener tuh, seharusny metod yang berbeda seperti ini lebih baik untuk pendidikan, seperti halny lebih banyak praktek/interaktif dari si peserta didiknya langsung yg bisa lebih mengetahui hal sebenarny terjadi pada lingkungan yang sebenarnya.